Jumat, 08 April 2016

PROFIL PAUD MUSLIMAT BAHRUL ULUM


PROFIL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PAUD MUSLIMAT NU BaHRUL ULUM

SEJARAH SINGKAT PAUD BAHRUL ULUM
PAUD BAHRUL ULUM didirikan pada tahun 2011 di Pimpin oleh IBU NENI ELIYANI dari tahun 2011 dan sudah di serah terimakan kepada Kepala Sekolah Baru. Bahwa pendirian PAUD BAHRUL ULUM dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatan belajar kepada anak usia dini di Dusun Sukorejo Desa Lemahbang KulonKhususnya di Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Tentang Bukti Pendaftaran Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nomor : 421.9/2445.65.PAUD/429.101/2012 Tanggal 13 Juli 2011. Dan berdasarkan AKTA NOTARIS No. 397 Tanggal 9 Maret 2013, dengan Pejabat yang Pembuat Akta Notaris YUDHA ARIA BIMA, SH,M.Kn.
NAMA dan LOKASI
1.    Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini ini bernama PAUD MUSLIMAT NU BAHRUL ULUMatau biasa disebut PAUD BAHRU ULUM.
2.    Lokasi PAUD BAHRUL ULUM adalah  di Dsn. Sukorejo Desa Lemahbang Kulon Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa timur.
VISI dan MISI
VISI          : Untuk menghasilkan generasi muslim yang berakhlak mulia, kreatif, cerdas dan mandiri
MISI
1.         Membiasakan anak didik untuk bersikap dan bertutur kata meneladani nabi Muhammad S.A.W
2.         Mengembangkan bakat dan kemampuan anank melalui bermain sambil belajar nyata
3.         Bekerja sama dengan semua pihak dalam upaya pendekatan mutu pendidikan
4.         Berupaya menjadikan sekolah unggulan melalui kegiatan kemasyarakatan untuk menciptakan dan mengangkat islam
5.         Menyiapkan anak didik dengan kegiatan kecakapan hidup / life skill

Penyelenggaraan pendidikan di KB BAHRUL ULUM adalah sebagai berikut:
1.         Agar anak didik menjadi generasi yang tangguh yang berlandaskan akhlakul karimah
2.         Agar anak didik tumbuh cerdas, baik, intelektual, emosional dan spiritual
3.         Agar lembaga ini menjadi wadah dalam menyiarkankan islam menegakkan amar ma’ruf nahi Munkar.


RENCANA PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN
PAUD BAHRUL ULUM memiliki perencanaan pengembangan di masa depan, diantaranya adalah :
1.    Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak usia dini yang lebih memadai
2.    Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan PAUD dengan cara mengadakan pelatihan.
3.    Melakukan pendekatan kepada instansi dan atau Dinas yang berkompeten untuk melancarkan program pendidikan yang diselenggarakan.



TUJUAN PAUD BAHRUL ULUM SECARA UMUM ADALAH :
1.   Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, dapat mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
2.   Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah; pertama, menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam implementasinya melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing) , belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuh kembangkan keterampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin.
3.   Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
4.   Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
5.   Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).
TANTANGAN YANG NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1.    Tidak tersedianya fasilitas dan sarana bermain bagi peserta didik.
2.    Kurangnya kesempatan Tutor mendapatkan pelatihan-pelatihan.

3.    Kurangnya motivasi orang tua terhadap anak tentang pentingnya pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar